Daerah

Tebar 5000 Lobster Air Tawar di Waduk Jatiluhur

PURWAKARTA | Suarainvestigasi.com – Jasa Tirta II melakukan penebaran 5000 lobster air tawar di perairan Waduk Jatiluhur yang diikuti oleh Direktur Keuangan, SDM dan Manajeme Risiko Jasa Tirta II Haris Zulkarnain beserta jajaran manajemen di Waduk Jatiluhur, pada Kamis 25 November 2021.

Penebaran lobster air tawar tersebut sebagai salah satu upaya konservasi untuk memperkaya perikanan alami di Waduk Jatiluhur serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Waduk Jatiluhur.

“Penebaran lobster ini selaras dengan tujuan konservasi kita, yang merupakan bagian dari Sustainability Depelopment Goals (SDGs) serta untuk mendorong keberlanjutan sumber daya alam perikanan, sehingga Waduk Jatiluhur dapat kembali menjadi tumpuan masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian dan gizi masyarakat,” ucap Haris Zulkarnain.

Haris juga menambahakan, penebaran bibit lobster ini menjadi langkah berkelanjutan untuk budidaya perikanan dan pemberdayaan masyarakat agar ikut terlibat dalam menjaga keberlangsungan Waduk Jatiluhur dan memberikan manfaat yang lebih baik bagi kehidupan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, budidaya lobster akan memperkaya ekosistem alam di Waduk Jatiluhur. Perairan yang kaya dengan perikanan alami akan menjernihkan Waduk secara alami sehingga kualitas air menjadi lebih baik dan menyehatkan masyarakat baik untuk irigasi maupun air minum.

Keberadaan Waduk Jatiluhur tidak dapat dipisahkan dengan program penataan Sungai Citarum karena Waduk merupakan pembersih sungai. Jika sungai kotor maka kualitas air dapat dinormalisasi melalui Waduk.

Program Waduk Jatiluhur jernih dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan kembali Sungai Citarum yang Bersih, Indah, Lestari (Bestari) dan Harum sehingga masyarakat dapat menikmati air yang bersih dan sehat serta menjamin keberlangsungan hidup manusia.

( Tedi ronal )

suarainv

Recent Posts

Pemdes Ombolata Ulu Sesalkan Keberatan Masyarakat Desa Saewe Menghalangi Pembangun Tamin Alias Siasuh

Gunungsitoli - Suarainvestigasi.com -Munculnya perbedaan pendapat antara masyarakat Desa Ombolata Ulu dengan masyarakat Desa Saewe…

2 hari ago

Tamin, Menjelaskan Dugaan Masyarakat Proyek Reklamasi Laut Diwilayah Hotel Kaliki.

Gunungsitoli, suarainvestigasi.com -Terkait keberatan masyarakat Desa Saewe yang berdomisili di Desa Ombolata Ulu, Kecamatan Gunungsitoli,…

3 hari ago

Gabungan Advokat Jakarta dan Lebak Berhasil Perjuangkan Hak Warga Jayasari Lebak Dari Penyerobotan Lahan

BANTEN- Suarainvestigasi.com - Gabungan Advokat Jakarta dan Lebak yakni H Rudi Hermanto.S.H dari LBH Chakrabinus…

5 hari ago

Proyek Reklamasi Pantai, Pemilik Hotel Kaliki Diduga Langgar Hukum dan Merusak Lingkungan Menui Protes dari Masyarakat

Gunungsitoli, suarainvestigasi.com -Sebuah hotel mewah Kaliki & Restaurant yang terletak di Jalan Yos Sudarso Ujung…

5 hari ago

Wabup Nias Selatan Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Nias Pro Tahun 2024

Nias Selatan, suarainvestigasi.com -Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH yang dipercayakan kembali memimpin…

6 hari ago

Pemkab Nias Selatan Laksanakan Sosialisasi Penyusunan KLHS-RPJPD Tahun 2025-2045

Nias Selatan, suarainvestigasi.com - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang diwakili oleh Fatoloza Giawa, SH.,MH Asisten…

1 minggu ago