Categories: NasionalOpini

Junaedi : Owner dan Wartawan Harus Profesional dan Independen Dalam Pemberitaan

Kota Tangerang, Suarainvestigasi.com – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)Provinsi Banten mengadakan rapat, pengurus SMSI Provinsi ,pengurus SMSI Perwakilan Tangerang Raya.Bertempat di RM. Bukit Pelayangan jl.Cikenggang 1 No.53 Cilenggang Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan ,Kamis (22/8/2019).Ketua SMSI Provinsi Banten Junaidi mengatakan , agenda yang di bahas dalam rapat SMSI tersebut membahas beberapa point point penting untuk kemajuan Media Siber kedepanya.pertama  membahas pelaksanaan karya latih wartawan (KLW), Uji kopetensi wartawan (UKW) yang akan dilaksanajan pada tanggal 6 – 7 september 2019 mendatang di Kota Cilegon Banten.
Poin kedua  pembahasan mengenai kelengkapan dokument perusahaan pers sebagai syarat utama verifikasi media di dewan pers.
Poin ketiga pembahasan masalah Restrukturisasi Organisasi Dewan Pers. Satu persatu point point dalam rapat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di bahas dengan lugas oleh Ketua SMSI Provinsi Banten Junaidi.
” Didalam pemberitakan harus ada diberi kesempatan untuk membela diri menjelaskan, namanya itu adalah cover both. wartawan harus mengikuti uji kompetensi” papar ketua SMSI Provinsi Banten Junaidi
Selanjutnya Junaidi menerangkan, kalau misalkan wartawan tidak pernah memberitakan berdasar fakta apalagi kopi paste itu gak boleh, berita yang sifatnya lagi viral kemudian kita ikut ikutan naikan berita tanpa jelas subernya, itu bukan wartawan.tegas Junaidi .
Maka dari itu Junaidi menegaskan kalau Wartawan tidak boleh berasumsi wartawan harus bersifat independen begitu juga dengan owner pemilik media,jelasnya.
”  Berita yang dibuat harus seimbang ,tugas kita itu memberitakan hal yang boleh dan layak untuk diberitakan dan didengar oleh masyarakat banyak” ,Katanya.
(Bd)
suarainv

Recent Posts

Tamin, Menjelaskan Dugaan Masyarakat Proyek Reklamasi Laut Diwilayah Hotel Kaliki.

Gunungsitoli, suarainvestigasi.com -Terkait keberatan masyarakat Desa Saewe yang berdomisili di Desa Ombolata Ulu, Kecamatan Gunungsitoli,…

7 jam ago

Gabungan Advokat Jakarta dan Lebak Berhasil Perjuangkan Hak Warga Jayasari Lebak Dari Penyerobotan Lahan

BANTEN- Suarainvestigasi.com - Gabungan Advokat Jakarta dan Lebak yakni H Rudi Hermanto.S.H dari LBH Chakrabinus…

2 hari ago

Proyek Reklamasi Pantai, Pemilik Hotel Kaliki Diduga Langgar Hukum dan Merusak Lingkungan Menui Protes dari Masyarakat

Gunungsitoli, suarainvestigasi.com -Sebuah hotel mewah Kaliki & Restaurant yang terletak di Jalan Yos Sudarso Ujung…

3 hari ago

Wabup Nias Selatan Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Nias Pro Tahun 2024

Nias Selatan, suarainvestigasi.com -Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH yang dipercayakan kembali memimpin…

4 hari ago

Pemkab Nias Selatan Laksanakan Sosialisasi Penyusunan KLHS-RPJPD Tahun 2025-2045

Nias Selatan, suarainvestigasi.com - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang diwakili oleh Fatoloza Giawa, SH.,MH Asisten…

1 minggu ago

Pemerintah Desa Hililaora Melaksanakan Rapat Pertanggung Jawaban Realisasi LPJ Tahun 2023

Nias Selatan, suarainvestigasi.com -Pemerintah Desa Hililaora, Kecamatan Siduaori, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan…

1 minggu ago