Lintas Peristiwa

Diduga Pegawai PTT Piket Dinas PUPR Gunungsitoli Mengancam dan Merasa Tidak Takut Kepada Wartawan Manapun

Gunungsitoli, suarainvestigasi.com –Pegawai PTT/Piket Dinas PUPR Kota Gunungsitoli Sumatera Utara, menghalangi dan mengancam 3 Wartawan Media berbeda saat hendak konfirmasi kepada Kepala Dinas (Kadis) PUPR Gunungsitoli Ampelius Nazara,ST, sekira Pukul 15:15 sore pada hari Selasa, 11 Mei 2021.

Bermula kejadian saat 3 Awak Media berbeda hendak menemui Kepala Dinas (Kadis) PUPR Gunungsitoli, tujuan untuk konfirmasi sesuaktu kepada Kadis. Sekitar 80 M dari pintu masuk Kantor Dinas PUPR Gunungsitoli, berdiri salah seorang pegawai Ptt An.Lase menghalangi/STOP 3 Wartawan tersebut. Pegawai tersebut mengatakan mau kemana/tujuan, Awak Media menjelaskan mau ketemu Kadis PUPR,  dan An.Lase menyampaikan tidak boleh masuk dan tidak dipekenankan menemui Kadis dengan alasan sedang Apel dan ada hal yang sedang di Rapatkan Kadis, Ucapnya.

Tiga Awak Media menanggapi perkataan Ptt An.Lase tidak memaksakan masuk dan Ptt langsung mematikan kontak sepeda motor, salah seorang Wartawan dan perintahkan 2 orang Wartawan lainnya segera matikan mesin sepeda motornya dengan alasan berisik terganggu Apel, padahal kanalpot dari motor tersebut standar bukan recing. Ditambah jarak Kantor PUPR dengan di STOP wartawan jauh sekitar 80 M, Media hendak pergi pada saat itu setelah mendengar penjelasan Ptt Lase.

Dikarenakan Ptt Lase, mematikan sepeda motor salah seorang Wartawan dan perintahkan 2 orang lainya, Wartawan menanyakan pertanyaan kepada Ptt. “Peraturan apa kayak begini Pak Lase?” ujar salah satu wartawan,  dijawab Ptt perintah disini dengan cara menyampaikan geram, Wartawan klarifikasi penyampaian Ptt apa harus seperti itu ??

Peraturannya dengan jawaban dari Media Ptt Lase Emosi mengatakan, “Kalian ini Wartawan dari mana, Pers apa entah masih Aktif/Sah KTA kalian atau emang benar-benar Media/Wartawan “. terang salah satu wartawan dengan memperagakan gerakan Ptt menunjuk-nunjuk 3 Wartawan tersebut.

Ketiga Wartawan, mengatakan kenapa berkata begitu, bukan hak anda menanyakan KTA mereka dan mengatakan tidak Aktif lagi. Sedangkan dia bukan POLISI/PENYIDIK, pada saat dilokasi ke 3 wartawan tersebut tidak arogan masuk. Setiap penjelasan Ptt tersebut mereka terima dan menanggapi dengan baik.

Namun sangat disayangkan Ptt Lase menjawab dengan nada arogan,  “Saya lebih dari POLISI kenapa? siapapun yang masuk disini saya berhak melarang dan ijinkan, termasuk Kadis PUPR Kota Gunungsitoli kalau tidak boleh masuk iya tidak boleh”. Ucap nada keras.

Awak Media menjawab apa yang anda katakan itu hak anda sepenuhnya. Yang mereka pertanyakan apa hak Ptt mengatakan mana KTA  serta menyebutkan tidak aktif lagi dan menyederai hati wartawan tersebut dengan mengakan KTA Mereka dan apa benar-benar mereks Media/Wartawan atau bukan Pers.

Jawabnya Ptt Lase lagi Wartawan apa Kalian mulai memanas situasi, Atas Permintaan Ptt Wartawan mengatakan seandainya KTA kami Aktif/Jelas Legalitasnya bagaimana? apa tanggung jawab, dengan perkataan anda dijawabnya untuk apa saya tanggung jawab saya tidak takut Media/Wartawan Pers dan silakan Beritakan Saya Media apapun Saya tidak takut sambil menunjuk-nunjuk Dadanya.

Atas permintaan, Ptt Lase tersebut 3 Awak Media berbeda bersedia tunjukkan KTA/Legalitas pengesahan sebagai Wartawan Sah dari (PIMRED REDAKSI) masing-masing.

Setelah ditunjukan bukti Ptt mengatakan, “Tidak perlu sama saya semua itu tidak ada gunanya, dalam kisruh tersebut dilihat banyak orang. Tidak berselang lama datang salah seorang pegawai Honorer PUPR An.Leo Larosa, mencoba memberi pemahaman kedua pihak dan saling diskusi, Media menanggapi serius penjelasan Leo Larosa dan Wartawan pergi.

Ptt Lase, masih terlihat tidak senang dan mengancam  ketiga wartawan tersebut, “Awas kalian kalau lewat lagi disini, biar kalian tau,ini Lase lagi-lagi menunjuk Dadanya tidak ada takutnya dengan siapapun”.  Ucap Geram.

Dalam UU No.40 tahun 1999 tentang Pers tertulis Berbunyi.
Tindakan menghalangi kegiatan Jurnalistik jelas sama dengan menghalangi Tugas Negara. Diatur dalam UU Pers No.40 tahun 1999 pada Pasal 18 Ayat (1) yang menyebutkan bahwa setiap orang yang secara sengaja, bahwa setiap orang yang melawan Hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi Pelaksanan ketentuan Pasal 4 Ayat (2) Ayat (3) dipidana dengan Penjara paling 2 tahun Pidana atau Denda paling banyak 500.000.000.00 (Limaratus Juta Rupiah) melanggar Aturan Pers termasuk ketentuan Umum, Asas, Fungsi, Hak Kewajiban, dan Peranas Pers.

Dengan ancaman tersebut 3 Awak Media berbeda akan melaporkan pengancaman Ptt Lase ke Polres Nias, dikarenakan merasa terancam dan tidak nyaman saat bertugas sebagai Jurnalis di lapangan.

Sebagai mana bunyi Pasal 335 Ayat (1) butir 1 KUHP berbunyi barangsiapa secara melawan Hukum dengan memakai Kekerasan, atau dengan memakai Ancaman Kekerasan terhadap orang lain dapat di Hukum Pidana dilakukan Penahanan Hukuman paling lama (1) tahun Penjara, sebagaimana diatur dalam Pasal 21 Ayat (4) Huruf (B) Pidana KUHP dengan denda 4,5 Juta Rupiah.

Dengan perihal Cekcok 3 Awak Media berbeda tersebut dengan Ptt Lase di Dinas PUPR Kota Gunungsitoli, menurut Penjelasan Ptt Lase Kadis PUPR tidak bisa ditemui 3 Wartawan mencoba menemui Kadis dikediamannya di Jl. Lawomaru Desa Luhalaraga Gunungsitoli. Tujuan mereka konfirmasi tentang tindakan anggotanya tidak punya moralitas dan etika baik Ptt Lase kepada sosial kontrol mitra kerja Pak Kadis PUPR, namun disampaikan anak Kadis Bpk tidak bisa ditemui sedang istirahat.

“Kata Bpk kalau urusan kantor di kantor saja hari Senin 17 Mei 2021”.Ucap anaknya.

Kepada terhormat Walikota Gunungsitoli Bpk. Ir Lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota Bpk. Sowa’a Laoli,SE.M.SI Serta Sekda Kota Gunungsitoli Bpk. Ir. Agustinus Zega. Sebagai Pimpinan Tertinggi Pemko Gunungsitoli.

Bagaimana tanggapan Bpk dengan prihal ini sebagai instansi bawahan Bpk PUPR kota Gunungsitoli, apa dibiarkan saja Oknum Ptt Lase tersebut di PUPR untuk mencemarkan nama baik Pemerintahan Pemko Gunungsitoli atau ada tindakan disiplin dan lain sebagainya?!. Ptt Lase yang tidak punya moralitas dan etika baik kepada Mitra Sosial Kontrol kerja Bpk. Walikota. ,(Media, Pers dan wartawan)

(yosi)

suarainv

Recent Posts

Kisah Hidup Penyandang Disabilitas Biayai Dua Orang Anak, Dimana Kepedulian Pemerintah Setempat.??

Nias, suarainvestigasi.com - Menyedihkan kisah hidup seorang pria berstatus duda penyandang disabilitas tuna netra bernama…

3 jam ago

Resmi Mendaftar di DPD Partai PAN Karya Bate’e & Yunius Larosa Sebagai BACAKADA

Gunungsitoli - Suarainvestigasi.com - Pasangan Karya Septianus Bate’e dan Yunius Larosa secara resmi telah mendaftar…

3 hari ago

Karya Bate’e & Yunius Larosa Resmi Mendaftar BACAKADA di DPC Partai Demokrat Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli, suarainvestigasi.com -Karya Septianus Batee dan Yunius Larosa secara resmi mendaftar Bakal Calon Kepala Daerah…

4 hari ago

Heboooh Ratusan massa Ormas ( KKPMP ) Dan Beserta Sayap nya ( LPK – MP ) Geruduk Bank BRI

Serang - Suarainvestigasi.com - waduuuuuuuh ada apa di bank BRI kota serang bikin macet pengguna…

4 hari ago

Sat Reskrim Polres Nias Selatan Menangkap dan Menahan Tersangka Kepsek SMK Negeri 1 Siduaori

Nias Selatan, suarainvestigasi.com - Polres Nias Selatan melalui Sat Reskrim berhasil menangkap dan menahan tersangka…

6 hari ago

Polres Nias Selatan Menetapkan Kepsek SMK Negeri 1 Siduaori Pelaku Penganiayaan Siswanya

Nias Selatan, suarainvestigasi.com -Sat Reskrim Polres Nias Selatan telah melakukan penetapan tersangka terhadap pelaku penganiayaan…

1 minggu ago